Kamis, 27 Oktober 2011

Pengaruh Krisis Global terhadap Pedagang Kaki Lima

Pengaruh Krisis Global terhadap Pedagang Kaki Lima
Pedagang kaki lima adalah orang yang dengan modal yang relatif sedikit berusaha di bidang produksi dan penjualan barang-barang (jasa-jasa) untuk memenuhi kebutuhan kelompok tertentu di dalam masyarakat, usaha tersebut dilaksanakan pada tempat-tempat yang dianggap strategis dalam suasana lingkungan yang informal (Winardi dalam Haryono, 1989). Pedagang kaki lima pada umumnya adalah self-employed, artinya mayoritas pedagang kaki lima hanya terdiri dari satu tenaga kerja. Modal yang dimiliki relatif tidak terlalu besar, dan terbagi atas modal tetap, berupa peralatan dan modal kerja.  pekerjaan sebagai pedagang kaki lima merupakan salah satu pekerjaan yang relatif tidak terpengaruh krisis ekonomi karena dampak krisis ekonomi tidak secara nyata dirasakan oleh pedagang kaki lima. Oleh karena itu diperlukan kesamaan gerak dan langkah pedagang kaki lima melalui keberadaan organisasi-organisasi pedagang kaki lima. Pemberdayaan melalui organisasi pedagang kaki lima perlu diupayakan. namun demikian perhatian yang diberikan belum optimal karena masih sebatas mengorganisir dan mengatur keberadaan pedagang kaki lima dan dalam kondisi krisis ekonomi ini organisasi kurang mampu melakukan pemberdayaan (empowerment) pedagang kaki lima. Berbagai kinerja yang dihasilkan pedagang kaki lima pada saat krisis ekonomi menunjukkan tidak ada kaitan yang jelas antara upaya organisasi pedagang kaki lima dengan perubahan kinerja usaha.
Menurut saya Pedagang kaki lima itu jangan digusur tapi justru sediakan tempat untuk berdagang. Ini pengaman kita untuk sektor riil dalam menghadapi krisis finansial global. Bagaimanapun organisasi pedagang kaki lima belum mampu membantu pedagang kaki lima dalam mengatasi krisis ekonomi yang terjadi dan keadaan ini sebenarnya menjadi tantangan yang masih harus diperhatikan oleh pihak-pihak terkait.
Sampai saat ini dampak krisis global masih terasa. Bagaimana krisis ini di mata seorang pedagang kaki lima ?
Permisi pak, saya ingin bertanya, dampak krisis global menurut bapak apanya ? Menurut seorang bapak pedagang kaki lima, apa itu masss, krisis global ?? saya itu tidak mengerti krisis global mas .... Krisis global itu pak, krisis ekonomi yang berdampak pada ekonomi dan keuangan sebuah negara. Oh, begitu ya mas,... ia pak, jadi tanggapan bapak seperti apa terhadap dagangan bapak ???  ya itu mas, saya itu merasa kebutuhan saya untuk berdagang itu naik mas, jadi saya pun bingung mas, kalau saya naikkan harga dagangan saya  nanti sepi dan  pelanggan saya pindah ketempat yang lebih murah. Bapak tidak takut mengalami kerugian ? masalah rugi dan untung itu  sudah ada yang mengatur di atas.
Bapak pedagang kaki lima tersebut tetap sabar dan teguh mengahadapi kesulitan hidup yang di alaminya walaupun kirisis global ekonomi sedang melanda negara.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar